Home > Bisnis

Brand dan Penjual Lokal Setara Merek Global Unjuk Prestasi di Lazada Seller Partner Awards 2025

Lazada Seller Partner Awards 2025 jadi bentuk komitmen Lazada akselerasi ekonomi digital Indonesia, jelang rangkaian festival belanja akhir tahun Lazada di tahun 2025.
Chief Retail Officer Lazada Indonesia Leonardo Barcellos menyerahkan penghargaan LazMall Brand of the Year – Beauty kepada Wardah, sebagai pengakuan atas kinerja luar biasanya di kategori kecantikan. (Foto: Dok RUZKA INDONESIA)
Chief Retail Officer Lazada Indonesia Leonardo Barcellos menyerahkan penghargaan LazMall Brand of the Year – Beauty kepada Wardah, sebagai pengakuan atas kinerja luar biasanya di kategori kecantikan. (Foto: Dok RUZKA INDONESIA)

RUZKA–REPUBLIKA NETWORK – Berdasarkan laporan Statista, 2025, jumlah pengguna e-Commerce di Indonesia diprediksi akan terus mengalami pertumbuhan, dengan peningkatan 11,2% yoy dari 65,65 juta orang di tahun 2024 menjadi 73,06 juta di tahun 2025. Angka ini bahkan diperkirakan akan terus meningkat hingga mencapai 99,1 juta pengguna pada 2029.

Hal ini sejalan dengan valuasi ekonomi digital di Indonesia yang terus meningkat dengan sektor e-Commerce menjadi garda terdepan dalam peningkatan eksponensial ini. Laporan e-Conomy SEA 2024 oleh Google, Temasek, dan Bain & Company memprediksi sektor e-Commerce menjadi sektor penting dengan proyeksi Gross Merchandise Value (GMV) US$150 miliar atau Rp2.447 triliun pada 2030.

Merespons potensi ini, Lazada Indonesia (Lazada), sebagai pionir e-Commerce di Indonesia, menggelar ajang Lazada Brand & Partner Awards 2025 sebagai bentuk komitmennya dalam mendorong percepatan pertumbuhan sektor ini. Ajang apresiasi untuk brand dan mitra ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi seluruh brand dan penjual yang ada di Lazada untuk bisa terus berkembang seiring pesatnya transformasi ekonomi digital nasional.

Dalam perhelatan Lazada Seller & Partner Awards 2025, sebanyak 15 brand dan penjual serta 1 mitra enabler Lazada meraih penghargaan dari total 4 kategori yang dibagikan di malam penghargaan tersebut.

Adapun kategori penghargaan yang dibagikan termasuk LazMall Brand of the Year dan Category Champion yang terbagi ke dalam kategori FMCG, Beauty, Mother and Baby, Fashion, Electronic, dan General Merchandise. Selain itu, Lazada juga memberikan penghargaan Rising Star untuk penjual dengan performa yang menjanjikan serta penghargaan Lazada Partner Excellence untuk mitra enabler yang telah memberikan kontribusi besar dalam mendukung pengembangan ekosistem di Lazada.

Dalam acara penghargaan yang diselenggarakan di Hotel Le Meridien, Jakarta, Rabu (13/08/2025) lalu, CEO Lazada Indonesia, Carlos Barrera menyampaikan apresiasi tertinggi kepada brand dan penjual.

"Kami merasa sangat bangga bisa menjadi bagian dari perjalanan kesuksesan para brand, penjual, dan mitra kami dan berterima kasih atas dedikasi, kerja keras, dan semangat luar biasa yang ditunjukkan oleh para brand dan seller yang malam ini kami apresiasi. Mereka bukan hanya mitra bisnis bagi Lazada, tapi juga bagian penting dari fondasi ekosistem digital yang terus kami bangun bersama. Di tengah perubahan pasar dan tantangan yang terus berkembang, para pelaku usaha ini telah menunjukkan kemampuan beradaptasi, inovasi, dan ketangguhan yang luar biasa. Selamat kepada semua pemenang di Lazada Seller & Partner Awards 2025!" ujar Carlos.

Pemenang Rising Star, Lavio Bandung Footwear, mengungkapkan kebanggaannya bisa mendapatkan penghargaan ini. Muhammad Panji Romdoni, Co-Founder Lavio Bandung Footwear mengatakan, penghargaan ini menjadi motivasi besar baginya untuk terus berkembang dan menghadirkan yang terbaik bagi pelanggan.

"Sebagai brand lokal di industri footwear, kami terus berupaya menghadirkan produk yang tidak hanya nyaman dan stylish, tetapi juga relevan dengan kebutuhan konsumen yang terus berkembang. Konsistensi dalam meningkatkan performa toko serta layanan kepada pelanggan menjadi prioritas kami. Dukungan dari Lazada, baik melalui program dan fitur, maupun berbagai inisiatif pengembangan seller, sangat membantu kami bertumbuh lebih cepat dan terarah. Kami optimis bisa terus berkembang dan menjadi brand pilihan utama di kategori ini ke depannya," papar Muhammad Panji Romdoni.

Berbagai brand dan toko asal Indonesia berhasil unjuk gigi dan masuk ke jajaran pemenang penghargaan Lazada pada tahun ini, bersama dengan berbagai brand besar di dunia.

Pencapaian ini mencerminkan kekuatan dan keunggulan dari brand dan penjual lokal untuk bersaing di pasar Indonesia. Salah satu brand kecantikan favorit perempuan Indonesia, Wardah, juga memenangkan penghargaan LazMall Brand of the Year.

"Kami bersyukur atas penghargaan yang diberikan. Ini merupakan bentuk kepercayaan dan dukungan luar biasa dari konsumen yang selalu menginspirasi Wardah untuk terus berinovasi dan menghadirkan produk-produk kecantikan yang halal, berkualitas, serta relevan dengan kebutuhan perempuan di Indonesia. Sebagai brand yang mempercayakan LazMall sebagai salah satu saluran penjualan utama, kami percaya bahwa kombinasi antara inovasi produk, pelayanan terbaik, dan kehadiran brand di berbagai touch points dapat meningkatkan pengalaman dan loyalitas konsumen kami," ujar Meinar Dyan, Group Head E-Commerce ParagonCorp saat menerima penghargaan untuk Wardah.

"LazMall memberikan ekosistem yang mendukung brand untuk tumbuh secara berkelanjutan; dengan jaminan keaslian produk, visibilitas yang tepat sasaran, serta berbagai inisiatif yang membantu kami memperluas jangkauan dan membangun kepercayaan. Terima kasih kepada Lazada yang senantiasa mendukung kemajuan produk-produk Indonesia, sebagai platform penggerak ekonomi nasional. Dengan semangat nasionalisme yang sama, kita bisa berkembang bersama dan meningkatkan daya saing bangsa," sambungnya.

Siap Sambut Rangkaian Festival Belanja Akhir Tahun

Acara Lazada Seller & Partner Awards 2025 ini diselenggarakan menjelang dimulainya rangkaian festival belanja akhir tahun di Lazada; dimulai dengan gelaran kampanye 9.9 pada September mendatang. Dalam kesempatan yang sama, Lazada juga mengumumkan berbagai macam program dan inisiatif yang dirancang Lazada untuk terus meningkatkan pengalaman pelanggan, sekaligus menjadi upaya untuk mendorong pertumbuhan berkelanjutan dari bisnis brand dan penjual yang ada di Lazada.

Sepanjang 2025, Lazada terus berfokus pada upaya meningkatkan pemenuhan produk berkualitas bagi para pelanggan. Selain terus menambah jumlah brand yang bergabung di Lazada, meningkatkan variasi produk berkualitas, baik dari brand lokal maupun brand internasional, Lazada terus memperkuat langkah proaktif dalam memberantas produk palsu di platform sebagai bagian dari upaya menjaga kepercayaan pelanggan.

"Kami terus berinvestasi dalam teknologi dan program perlindungan merek untuk menciptakan lingkungan belanja online yang aman, terpercaya dan bebas dari barang palsu," tambah Carlos.

Dukungan teknologi canggih berbasis artificial intelligence (AI) dan machine learning memungkinkan sistem cerdas milik Lazada melakukan verifikasi terhadap penjual serta listing produk secara ketat. Metode ini dilakukan untuk memastikan hanya produk asli dan berkualitas yang tersedia di Lazada, khususnya di kanal LazMall.

Lazada juga hadir semakin dekat di berbagai kota di Indonesia, khususnya Surabaya dan Medan. Lewat strategi hiperlokal di kedua kota tersebut, Lazada memberikan dukungan holistik untuk para penjual Lazada agar bisa menjangkau pasar seluruh Indonesia.

Dukungan holistik ini berupa teknologi, pelatihan, dan infrastruktur logistik, hingga berbagai inisiatif dan promo khusus lokal juga dihadirkan untuk para pelanggan. Seluruh penawaran ini akan terus ditingkatkan, khususnya jelang dimulainya festival belanja akhir tahun Lazada.

"Kampanye 9.9 mendatang akan menandai momentum penting di Lazada yang kami yakini juga bisa menjadi pendorong pertumbuhan bisnis brand dan penjual. Berbagai program dan fitur khusus sudah kami siapkan demi menyambut momentum terpenting sepanjang tahun dan untuk memastikan kami memberikan dukungan yang optimal bagi brand dan penjual dalam meraih keuntungan dan tumbuh berkelanjutan bersama kami di Lazada. Komitmen kami adalah untuk terus tumbuh bersama; mendampingi brand dan pelaku usaha di setiap tahap perjalanan mereka, menghadirkan teknologi, infrastruktur, serta dukungan yang dibutuhkan untuk berkembang secara berkelanjutan. Kami percaya, masa depan e-Commerce Indonesia yang lebih inklusif dan maju hanya bisa dicapai jika kita melangkah bersama," tutup Carlos. (***)

× Image