Home > Info Sehat

Posyandu di Depok Siap Bertransformasi Layani 6 Standar Pelayanan Minimal

Untuk mempersiapkan Posyandu dengan pelayanan enam SPM ini telah dilakukan penguatan kelembagaan.
Foto pelayanan Posyandu. (Foto: Dok RUZKA INDONESIA) 
Foto pelayanan Posyandu. (Foto: Dok RUZKA INDONESIA)

RUZKA-REPUBLIKA NETWORK -- Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menyatakan kesiapannya untuk bertransformasi dalam memberikan layanan terpadu di enam bidang Standar Pelayanan Minimal (SPM).

Ini sebagai salah satu bentuk implementasi dari Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI) Nomor 13 Tahun 2024 tentang Posyandu.

Dengan transformasi layanan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Enam SPM ini nantinya layanan tidak hanya bidang kesehatan saja, tetapi juga akan ada layanan pendidikan, pekerjaan umum atau kualitas air bersih, pemukiman, ketertiban dan keamanan, serta sosial.

Baca juga: Rencana Pengusuran Bangli di Jalan Juanda, 2 Bilboard Tak Berada di Lahan Pertagas Depok

Dalam implementasi transformasi tersebut, Kota Depok telah mempersiapkan Posyandu sebagai percontohan penerapan enam SPM, yaitu di Posyandu Mawar 2 yang ada di Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari.

Untuk mempersiapkan Posyandu dengan pelayanan enam SPM ini telah dilakukan penguatan kelembagaan.

"Penguatan dilakukan dengan pembentukan kepengurusan sesuai dengan enam bidang SPM, sehingga nantinya dapat optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," jelas Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Zakiah, Rabu (16/07/2025).

Baca juga: Pembangunan MTsN di Eks RPH Ditargetkan Selesai Oktober, Tahun Ajaran Baru. 2026

Menurut Zakiah, Posyandu Mawar 2 Kelurahan Duser tersebut sebagai implementasi awal penerapan Posyandu dengan enam SPM.

Kedepannya, sepuluh kecamatan lainnya di Kota Depok akan ikut serta mengimplementasikan Posyandu enam SPM.

Untuk mengoptimalkan pelayanan tersebut diharapkan adanya keterlibatan dari semua unsur, khususnya aspek bisnis.

Baca juga: PKK Depok Tingkatkan Minat Baca Dikalangan Pelajar Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah

Sehingga nantinya dapat menarik minat masyarakat untuk mengakses layanan pada Posyandu Enam SPM.

"Harapan kami ada Corporate Social Responsibility (CSR) dari sejumlah perusahaan untuk memberikan stimulan kepada masyarakat dalam berbagai bentuk, sehingga mereka mau datang ke Posyandu," harap Zakiah. (***)

× Image